Thursday 21 August 2014

Perguruan Sisingamangaraja Tanjungbalai Didemo

Senin, 18 Agt 2014 07:47 WIB - http://mdn.biz.id/n/112069/
Lomba Dayung
Perguruan Sisingamangaraja Tanjungbalai Didemo\

MedanBisnis - Tanjungbalai. Gara-gara melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap salah seorang guru tanpa memberikan pesangon, Yayasan Perguruan Sisisingamangaraja Kota Tanjungbalai didemo, Sabtu (16/8).
Aksi demonstrasi dipimpin kalangan pengurus DPC SBSI 01 Tanjungbalai di bawah kepemimpinan Drs Saut Sitorus. Aksi demo itu dikawal ketat aparat kepolisian.

Akibatnya, selama berlangsung ruas jalan Sisingamangaraja- Cokro Aminoto macet dikarenakan banyanya kendaraan warga yang berhenti menyaksikan aksi tersebut.

Keterangan yang berhasil dihimpun MedanBisnis, munculnya aksi demonstrasi berawal dari adanya laporan dan pengaduan Rina Br Sitorus ST, salah seorang guru di Perguruan Sisingamangaraja yang di-PHK sekitar setahun lalu, akan tetapi sampai saat ini tidak menerima pesangon sepeser pun.

Selama bekerja mengajar di perguruan itu, Rina disebut-sebut menerima gaji sebesar Rp 900 ribu setiap bulannya atau jauh di bawah Upah Minimum Kota (UMK) yang ditetapkan, yakni sebesar Rp 1.712 juta per bulan. Entah apa penyebabnya, tiba-tiba Rina menerima PHK, namun sampai saat ini sama sekali tidak ada menerima uang jasa atau pesangon sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Berawal dari laporan itu, akhirnya massa di bawah pimpinan Saut Sitorus yang juga koordinator AGBI (Asosiasi Guru Bantu Indonesia) melancarkan aksi demonstrasi dan mendesak pihak Yayasan Perguruan Sisingamangaraja membayarkan pesangon kepada Rina Br Sitorus.

" Jika tidak, kami tetap menjalankan aksi dan menyampaikan laporan resmi kepada Polda Sumatera Utara, dikarenakan adanya indikasi pidana penipuan terkait dengan PHK yang dilakukan terhadap Rina," tegas Saut. (arsyad yus)

No comments:

Post a Comment